Zein Arief Jumat, 03 September 2010

Sejarah TI

Perkembangan peradaban manusia dibagi dalam tiga tahap. Era pertama dimulai dengan Natural/Manual, yaitu menggunakan tenaga manusia. Dalam menyebarkan informasi, manusia purba membuat goresan/gambar di batu, dinding, atau tulang. Dalam perkembangannya, bangsa Cina, Mesir, dan Romawi banyak mengalami kemajuan, salah satunya dengan ditemukannya alat abacus/suan pan. Dilanjutkan dengan era kedua adalah era Mekanik. Pada era ini sudah mengalami perkembangan daripada era Natural/Manual. Sudah mulai banyak peralatan berbentuk mekenik yang digerakkan manusia.Salah satu penemuan besar pada masa ini adalah Pascaline oleh Blaise Pascal pada tahun 1642. Kemudian tahun 1830 Charles Babbage menemukan sebuah alat Difference & Analytical Engine. Inilah yang menjadi ujung tombak cikal bakal ditemukannya. Era berikutnya adalah elektronis. Manusia dalam bekerja lebih banyak menggunakan peralatan elektronis terutama komputer daripada manual ataupun mekanik.
Perkembangan komputer sampai sekarang ini terbagi dalam empat generasi:

1.      Komputer Generasi I

Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung hampa (vacuum tube) yaitu tabung gelas dengan sirkuit di dalamnya. Spesifikasi dari komputer generasi pertama ini antara lain mempunyai ukuran atau bentuk fisik yang sangat besar (sebesar ruangan atau gedung), menggunakan konsep stored-program dengan memori utama adalah magnetic core storage, lebih cepat panas, kurang cepat dalam melakukan proses, dan membutuhkan daya listrik yang sangat besar.

Contoh komputer generasi I adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Adapun spesifikasinya sebagai berikut: terdiri dari 17.468 tabung hampa, 7.200 dioda,  70.000 resistor, 10.000 kapasitor, luas 63m2, bobot 27 ton, daya 150 kW, instruksi 300 perkalian/menit, dan 5000 penjumlahan (10 digit)/menit.

2.      Komputer Generasi II

Dengan ditemukannya transistor, pada tahun 1956 komponen pada komputer menggunakan transistor untuk menggantikan tabung hampa. Spesifikasi komputer generasi kedua antara lain: mengganti bahasa mesin dengan menggunakan assembly, kapasitas penyimpanan memori utama semakin besar (sampai puluhan ribu karakter), mulai bermunculan beberapa bahasa tingkat tinggi seperti Common Bussiness Oriented Language (COBOL), Formula Translator (FORTRAN), Algorithmic Language (ALGOL).

3.      Komputer Generasi III

Komputer komersial dari generasi ketiga bernama UNIVAC (Universal Automatic Computer). Ukuran dari komputer ini sudah semakin ringkas, meski masih sebesar meja. Spesifikasi komputer generasi ketiga antara lain: mengembangkan IC terintregasi, dalam IC mengombinasikan tiga komponen elektronik (transistor, resistor, kapasitor) dalam piringan silikon kecil, dan lebih banyak komponen yang dimasukkan ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor, pada tahun 1971 ditemukan mikroprosesor pertama yaitu Intel 4004 Microprocessor.

4.      Komputer Generasi IV

Komputer generasi keempat lebih dikembangkan pada pengecilan ukuran sirkuit dan komponen elektrik. Large Scale Intregration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Intregration (VLSI) mampu memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal (komputer generasi V).


Perbandingan komputer dari generasi 1 sampai generasi 5 mengalami banyak sekali perubahan. Dari ukuran yang dahulu sangar besar, sekarang menjadi kecil dan ringkas, harganya pun sekarang semakin murah, kecepatan menjadi sangat cepat, dan daya simpan memori jauh semakin besar.

Klasifikasi Komputer

Secara umum, komputer dapat diklasifikasikan menjadi beberapa kategori:

1.      Supercomputer

Supercomputer adalah komputer kapasitas tinggi dengan ratusan ribu prosesor di dalamnya yang mampu melakukan lebih dari 1 trilyun perhitungan per detik, digunakan untuk kebutuhan yang membutuhkan komputasi dengan performa yang tinggi. Supercomputer biasanya digunakan untuk prakiraan cuaca, simulasi misil/peluru, simulasi fusi nuklir, dan sebagainya. Komputer jenis ini tidak diperjualbelikan secara komersil. Hanya instansi-instansi tertentu yang diperbolehkan memakai supercomputer.

2.      Mainframe

Mainframe adalah computer dengan kemampuan tinggi yang terdiri dari komputer-komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi yang rumit dalam waktu yang singkat. Mainframe umumnya digunakan oleh banyak pengguna yang terkoneksi dengan menggunakan terminal.

3.      Workstation

Komputer workstation bentuk fisik seperti komputer biasa. Namun harganya lebih mahal karena workstation biasanya digunakan untuk perhitungan yang kompleks, perhitungan matematika, dan perhitungan yang berhubungan dengan masalah keteknikan, untuk desain, dan untuk komputer perusahaan.

4.      Microcomputer

Mikrokomputer adalah komputer yang sering kita jumpai ataupun kita operasikan. Sekarang desktop dan workstation dikombinasikan seperti PC Anda yang mana menjadi cukup bertenaga. Yang termasuk microcomputer adalah PC, laptop, dan juga PDA (Personal Digital Assistant).

5.      Microcontroller

Microcontroller adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip.  Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah personal computer karena sebuah mikrokontroler umumnya telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antarmuka I/O. Untuk mengontrol robot, maka digunakan mikrokontroler dengan pertimbangan faktor ukuran yang relatif kecil sehingga cocok untuk pengontrol robot.

0 komentar:

Posting Komentar