Zein Arief Minggu, 29 Agustus 2010

Data adalah sekumpulan dari beberapa fakta yang masih berupa raw material (bahan mentah). Macam-macam data bisa dibedakan menjadi teks, gambar, audio atau suara, dan video. Sedangkan informasi adalah hasil pengolahan data (manipulasi data), atau dengan kata lain adalah data yang memiliki makna.

Informasi menurut sifatnya bisa dibedakan menjadi informasi perfect dan imperfect. Informasi perfect adalah informasi yang sudah jelas kepastiannya/sempurna. Sedangkan informasi imperfect adalah informasi yang mengandung unsur ketidakpastian/tidak sempurna. Antara data dan informasi mempunyai keterkaitan. Bila sekumpulan data diolah atau diproses akan membentuk sebuah informasi.
Dengan adanya kemajuan di bidang informasi, diharapkan bisa diterapkan masyarakat informasi, yaitu masyarakat yang di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.
Teknologi informasi adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi terutama penggunaan komputer sebagai sarana penggunaannya. Contoh dari teknologi informasi adalah komputer, laptop, software pengolah data/angka, dan sebagainya.
Komponen utama dari teknologi informasi adalah:
1.Hardware (HW)
Hardware atau perangkat keras adalah segala sesuatu yang merujuk pada bagian fisik dari sebuah teknologi informasi tersebut. Misalnya, harddisk, memori, monitor/LCD (output device), mouse (output device), motherboard, dan sebagainya.
2.Software (SW)
Software atau perangkat lunak adalah sekelompok objek yang membentuk konfigurasi dan di dalamnya mencakup program, dokumentasi, dan data. Misalnya, Microsoft Office, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan sebagainya.
3.Brainware (BW)
Brainware adalah manusia yang berhubungan dengan teknologi informasi/sistem komputer.
4.Firmware (FW)
Pada prinsip kerjanya firmware ini adalah software yang mana dia tidak bisa bekerja tanpa adanya hardware. Jadi dalam bekerja sangat tergantung antara keduanya. Misalnya Bios yang tertanam pada EPROM.

Teknologi informasi banyak diterapkan diberbagai bidang di seluruh dunia antara lain bidang kedokteran/kesehatan, bidang pendidikan, bidang geologi, bidang perbankan, bidang perindustrian, bidang pemerintahan, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar