Zein Arief Selasa, 21 September 2010

Dalam teknologi informasi banyak istilah yang sering digunakan. Istilah-istilah dalam bidang informatika yang diawali huruf E:
  1. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat dihapus dan diprogram kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
  2. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
  3. Execute, instruksi menjalankan program yang telah dikompilasi oleh komputer.
  4. EGA (Enhanced Graphics Adaptor), salah satu standardresolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warnadalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA.Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warnapada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350titik.
  5. Ethernet merupakan  Suatu  standar  perangkat  keras  LAN  (Local  Area  Network),  mengenai  pengkabelan  serta spesifikasi transmisinya.
  6. Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
  7. Encoding adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan data.
  8. E-mail, surat  menyurat  melalui  Internet.  Pengguna  dapat  saling  bertukar  berita.  Berita-berita  itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.
  9. Exception, mengandung informasi yang mengidikasikan apakah permintaan tekah sukses dilakukan (salah satu kunci dalam sistem CORBA).
  10. Enabled interrupt, suatu kondisi yang umumnya dibuat oleh system operasi pada saat proses akan memberikan respons ke signal permintaan interrupt kelas tertentu.
  11. Encryption, konversi plaintext atau data menjadi bentuk yang tidak dapat fimegerti dengan menggunakan komputasi metematik yang reversible.
  12. External fragmentation, terjadi bila memori dibagi menjadi beberapa pertisi yang berukuran berbeda yang berkaitan dengan blok-blok data yang di-assign ke memori (misalnya, segmen-segmen di dalam memori utama). Dengan perpindahan segmen keluar dan keluar memori, akan terjadi gap-gap di antara bagian-bagian memori yang diisi.
  13. Encapsulation, isolasi atribut dan layanan dari contoh objek lingkungan eksternal. Layanan hanya dapat dimohonkan oleh nama dan atribut yang tidak hanya diakses oleh alat dari layanan.
  14. Event, pemberitahuan bahwa event system telah terjadi (merupakan salah satu objek pada Windows NT).
  15. End user, sebutan bagi orang yang hanya mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain.
  16. Enter, tombol  pada  keyboard  yang  fungsinya  untuk  memerintahkan  komputer  melakukan  suatu instruksi,  atau  sekedar  untuk  membuat  baris  berikutnya  sekaligus  memindahkan  kursor  ke  baris tersebut.
  17. Exit, instruksi untuk keluar dari suatu program computer.
  18. Edit, kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter.
  19. Error, istilah  untuk  menunjukkan  bahwa  terdapat  suatu  penyimpangan  dalam  software  atau kerusakan hardware.
  20. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), komputer generasi pertama yang   dibuat   oleh   Universitas   Pennsylvania,   AS   selama berlangsungnya  Perang  Dunia  II  (tahun  1942-1945).  Ciri  utamanya  adalah  penggunaan  tabung hampa udara sebagai penguat sinyal.
  21. External storage, alat penyimpanan data di luar memori utama komputer, misalnya disk.
  22. E-Learning, sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone.
  23. E-Book, buku yang dibuat dalam bentuk file computer yang mudah dikirim via internet.
  24. End System, hardware  dalam  sistem  komunikasi  yang  bertindak  sebagai  sumber  data  (pengirim)  atau tujuan akhir data (penerima).
  25. Expansion, peningkatan   kemampuan   komputer   dengan   jalan   menambahkan   komponen  hardware tertentu sehingga komputer sanggup melaksanakan suatu tugas yang tidak dapat dilaksanakan oleh sistem komputer dasar.

0 komentar:

Posting Komentar